Kamis, 21 Februari 2013

Review Game: 3 Game yang saya rekomendasikan untuk disematkan dalam Android tablet/android phone anda



Jika sedang jalan-jalan ke mall dan mampir di food court mereka saat ini, apa pemandangan yang paling lazim terlihat di sekeliling meja makan pada pengunjungnya?

Sebuah keluarga yang sedang asyik bercengkerama satu sama lain sambil menunggu makanan datang? Salah.
Sebuah pasangan yang saling ngobrol satu sama lain sambil tersenyum malu-malu dan memandang dengan pandangan penuh cinta pada pasangannya? Salah lagi.

Orang tua yang sedang mendengarkan anak-anaknya bercerita dan anak-anak bercerita dengan penuh semangat tentang keseharian pengalamannya di waktu yang telah berlalu? Salah juga.

Saat ini, yang paling lazim terlihat adalah, wajah-wajah yang sedang asyik dengan gadget masing-masing di sekeliling meja makan sambil menunggu hidangan yang dipesan datang. Ayah dan ibu yang asyik dengan Blackberrynya; anak-anak yang sedang sedang asyik dengan game console atau IPAD yang punya aneka permainan digitalnya; atau si ABG yang sedang asyik dengan IPOD atau MP3 Player dan mainan hape. Semua mulut terkunci tapi jari jemari begitu asyik bergerak. Telunjuk yang sibuk menggeser layar, jempol yang asyik memencet keypad, dan bibir-bibir yang tersenyum sendiri dan bola mata yang terus bergerak kiri kanan dengan llincah. Semua orang asyik dengan dunianya sendiri.  Bahkan, meski mereka sedang berkumpul.

Gak bisa dipungkiri memang. Teknologi telah membius semua orang  dan tanpa sadar telah menyeret semua orang menjadi pribadi-pribadi yang bisa menjelajah ke seluruh dunia...SEORANG DIRI.  Itu sebabnya  meski kelihatannya sedang berkumpul bersama-sama, tapi berkat kehadiran gadget di tangan masing-masing, maka mereka sebenarnya sedang asyik sendiri-sendiri.

Nah, untuk itulah sekarang aku ingin merekomendasikan 3 game yang kehadirannya bisa menghadirkan kerjasama dan gotong royong semua anggota keluarga ketika sedang berkumpul bersama-sama.  Kenapa? Karena beberapa sifat yang ditimbulkan dari game-game berikut, yaitu:

1.  Sifatnya kompetitif (sebenarnya bisa saja dikerjakan sendiri-sendiri tapi jadi kurang asyik; lebih enak jika dikerjakan bersama-sama dengan orang lain. Agar lebih asyik lagi, bangun suasana kompetitif yang asyik dan akrab.

Seperti saya misalnya. Saya selalu menggunakan nama untuk game yang saya mainkan dengan nick "si cantik". hahahahah... bukan karena terlalu percaya diri atau memang berdasarkan sebuah kenyataan (*eit! Gak boleh protes). Tapi nick name ini sebagai provokasi untuk yang lain.  Kelak, jika saya sudah berhasil masuk ke rangking satu (1) maka nick ini akan berubah menjadi nick name yang lebih provokatif lagi biasanya; seperti   "si cantik emang bawa hoki".... " lagi-lagi si cantik yang menang"... "maaf ya jika ibumu smart"

2.  Game-game ini mengusung sebuah pengetahuan yang lintas gender dan lintas usia.  Gak semua orang menguasai semua bidang sama besarnya. Pasti jika dia amat menguasai  sebuah bidang pengetahuan, maka bisa jadi dia punya kelemahan di bidang yang lain lagi. Untuk itulah perlu sebuah kerjasama. Dan karena sebuah pengetahuan itu sering bersifat "terus bertambah" maka bisa jadi para sesepuh kurang menguasai menguasai info yang bersifat kekinian.  Itu sebabnya: Kerja sama dan gotong royong.

Ya sudah. Tidak usah berpanjang-panjang lagi ya. Ini dia 3 Game yang bagus untuk dimainkan  jika sedang berkumpul  bersama (*urutan tidak menggambarkan prioritas):

1. ICON POP QUIZ



Game ini  modelnya seperti trivia. Jadi, ada deretan pertanyaan yang harus dijawab.  Tidak ada kompetisi disini tapi; seru saja jika dimainkan bersama-sama.  Kita harus menjawab nama di balik icon-icon yang muncul di layar. Misalnya:


Nah, sebenarnya siapa saja tahu rambut unik milik siapa gambar di atas. Tapi, jika tidak tahu, bisa juga buka HINT, tapi hukumannya jika buka HINT, pointnya dikurangi 200.
Serunya, ternyata icon-icon ini amat sangat beragam; mulai dari icon yang terkenal sejak dahulu banget (kita belum lahir) hingga icon yang anak-anak yang duduk di sekolah dasar udah pada tahu itu siapa dengan lihat icon gambarnya karena memang tokoh itu muncul saat sekarang. Jadi... ayolah digempur bersama-sama mengerjakannya, biar terasa akrab.



2. Game Droid Math



Yup, seperti tertulis di atas ini memang game yang mengasah otak untuk  kegiatan matematika.  Ada 3 level yang tersedia, jadi gak perlu takut dengan matematika.  


Kita diharuskan untuk mencari bagaimana proses penghitungannya dari sebuah hasil yang ditanyakan.
Misalnya:  6
6 ini kan bisa dihasilkan dari 2 x 3; atau 5 + 1, atau 7 - 1, atau 6 x 1, dst.
Nah. dalam kurun waktu tertentu kita harus segera mencari  sederetan angka yang tersedia di layar untuk mencari kemungkinan  proses penghitungannya.  Porsinya sama dengan aturan di matematika; yaitu penghitungan untuk perkalian dan pembagian lebih besar pointnya ketimbang penjumlahan dan pengurangan.  Dan ada angka-angka sulit yang pointnya juga lebih besar (seperti 17, 13, 19, 23).  Jadi, kalau menang, usahakan untuk mengerjakan perkalian dan pembagian; jangan melulu mengerjakan pertambahan dan pengurangan.


Ada batas waktu yang harus diselesaikan; ketika waktu berakhir maka permainan selesai dan kita pun akan diberi tahu jumlah point yang berhasil dikumpulkan.




3. Digantung Indonesia



Ini game yang persis sama dengan game "hang man", tapi di game digantung ini sepenuhnya menggunakan kata-kata dalam bahasa  Indonesia. Kenapa aku merekomendasikan "digantung" bukannya "hang man" ? Karena, kebetulan, aku punya anak yang masih duduk di bangku kelas 2 Sekolah dasar.  Kosa kata bahasa Inggrisnya belum banyak (jangankan dia, aku saja idem dito kok untuk urusan cas cis cus ngomong english). Nah, jadilah game ini cocok untuk anak-anakku.

Ya... demikianlah 3 game yang aku rekomendasikan untuk disemat di android tablet  atau android phone guna meng-akrabkan seluruh anggota keluarga jika sedang berkumpul.
(penulis: ade anita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jadi, apa pendapatmu teman?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...