Jumat, 06 September 2013

Film Upside Down: Cinta Bisa Mengalahkan Segalanya

Alam raya benar amat mengagumkan. Langit yang bertaburan cahaya berpendar. Matahari yang dikitari planet dan bulan-bulan dan aneka benda-benda langit lain yang memiliki cahayanya sendiri-sendiri dan lazim kita sebut bintang. Subhanallah.


Adam Kirk (diperankan oleh Jim Sturgess yang punya wajah ngegemesin dengan bulu-bulu halus yang dia biarkan sepanjang Film ini diputar... ihh.. asli suka liat wajahnya), adalah seorang pemuda yang sejak usia kecil senang menatap langit dan mengaguminya. Adam ini bocah yatim piatu yang tinggal di Panti Asuhan. Kedua orang tua dan seluruh saudaranya meninggal dunia di Tempat Pengolahan Minyak dimana mereka bekerja. Kebetulan ketika ledakan itu terjadi Adam sedang pergi ke rumah bibinya. Akhirnya, Adam dipelihara oleh negara dan ditempatkan di Panti Asuhan. Setiap pekan dia mengunjungi bibinya yang tinggal di pinggir kota.

Adam tinggal di planet bawah. Hmm.. bingung kan apa itu planet bawah.
Jadi, begini. Di antara sekian banyak planet yang bertebaran di jagad raya, ada dua buah planet yang letaknya amat sangat berdekatan. Masing-masing planet dihuni oleh manusia. Nah, kedua planet yang letaknya saling berdekatan ini memiliki gaya gravitasi bumi sendiri-sendiri. Itu sebabnya masing-masing punya kehidupan sendiri-sendiri. Bedanya adalah, planet atas dihuni oleh orang-orang kaya sedangkan planet bawah dihuni oleh orang-orang miskin. Orang-orang kaya mengambil sumber daya dari orang-orang miskin di planet bawah, atau kadang memerah tenaga atau mencuri ide orang -orang yang tinggal di planet bawah untuk dikembangkan di planet atas karena mereka punya modal untuk melakukan itu semua.

Adam kecil, suatu hari berjalan-jalan ke puncak gunung untuk mencari serbuk pink yang dihasilkan oleh lebah-lebah yang tinggal di gunung. Bibinyalah yang mengajarkan dia resep rahasia keluarga ini. Yaitu bahwa serbuk pink yang dihasilkan oleh lebah dari gunung bisa memberi efek anti gravitasi pada benda-benda yang diolesinya. Itu sebabnya bibinya selalu mampu memberi Adam pancake terbang.

Suatu hari, iseng, Adam kecil  mengoleskan selai pink ke pesawat terbang kertasnya dan dia terbangkan ke puncak gunung. Tidak tahunya pesawat terbang kertas ini hingga di kaki Eden, seorang gadis kecil yang sedang kehilangan anjingnya di puncak gunung. Akhirnya, mereka berdua berkenalan. Dan perkenalan ini terus berlanjut hingga mereka remaja dan akhirnya saling jatuh cinta. CInta ini tumbuh kian subur di hati keduanya hingga mereka beranjak dewasa.

Masalahnya adalah, mereka berdua berasal dari dua planet kembar yang saling bertolak belakang. Yang satu dari planet bawah, jadi gravitasi yang berlaku atas tubuhnya adalah gravitasi bawah, sedangkan yang lain berasal dari planet atas dan gravitasi yagn berlaku atas tubuhnya juga gravitasi atas. Mereka seperti dua buah magnet yang saling tolak menolak meski mereka saling mencintai satu sama lain.

Tapi, ini memang sebuah film Cinta.
Banyak orang yang mengatakan bahwa Cinta Sejati itu sebenarnya merupakan satu jiwa yang dipisahkan oleh kelahiran yang berbeda. Namun keduanya lalu saling mencari satu sama lain agar bisa bersatu kembali. Menghadapi berbagai macam rintangan dan bahkan meski itu melawan hukum alam yang rasanya mustahil untuk dikalahkan.

Adam: "Gravity, they say you can't fight it. Well, I disagree. What if love was stronger than gravity?"


Dan itu membuat Adam sering memikirkan langit di atas planet bawah, berharap bisa menatap wajah orang yang dia cintai, wajah Eden (diperankan oleh Kristen Duns). Karena ketika mereka akhirnya bertemu, dua remaja ini ketahuan oleh polisi penjaga perbatasan dan Adam harus melihat Eden jatuh ke planet atas dengan kepala berdarah. Adam menganggap Eden sudah meninggal dunia. Hingga 10 tahun kemudian ketika di tempat Adam bekerja dia ketika sedang  menonton televisi dia melihat Eden menjadi bintang tamu di suatu acara dan senang karena Eden masih hidup. Masalahnya adalah, ternyata Eden tidak ingat pada Adam lagi.

Nah loh. Gimana dong? Nah, disinilah cerita utamanya. Karena Adam yang sudah merasa cinta mati dengan Eden tetap berusaha agar Eden bisa ingat lagi akan cinta mereka sekaligus berusaha agar mereka bisa bersatu meski rasanya itu tidak mungkin dilakukan.

Kalau tidak mungkin, berarti apa yang harus dilakukan agar mungkin? Ihh... itu dia konfliknya lagi.
Nonton saja filmnya. Ini film romantis menurutku. Kadang bikin gemes... gemes karena aku terbawa emosi pingin cinta mereka segera bersatu meski perbedaan di antara mereka berdua amat sangat banyak.
Aku rekomendasiin film ini buat yang kangen dengan film cinta a la Romeo dan Juliet tapi yang versi lembut dan romantisnya dan tidak ada perkelahian atau pembunuhannya.





4 komentar:

jadi, apa pendapatmu teman?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...