Sabtu, 14 Maret 2015

Fated To Love You

Penyakit Huntington. Apa jenis penyakit ini? Gara-gara nonton Drama Korea Fated To Love You, aku jadi penasaran dengan penyakit Huntington.

Dari Wikipedia Indonesia, aku ketemu deskripsi tentang penyakit ini:
Penyakit Huntington, chorea Hunting atau chore mairo adalah penyakit yang menyerang saraf. penyakit ini disebabkan oleh faktor genetika, sehingga dapat diwariskan dari orang tua kepada anaknya. penyakit ini menjangkiti sekita 1 dari 20.000 jiwa di Eropa Barat dan 1 dari 30.000 di Amerika Serikat [1]. Nama penyakit ini diambil dari George Huntington yang pertama kali yang pertama kali menjelaskannya pada tahun 1872. Gen penyakit ini bersifat dominan sehingga anak-anak dari orang tua yang menderita penyakit ini berpeluang besar menderita penyakit “Huntington” yakni 50%[2]. Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini namun hanya berupa mengurangi gejala dan mengendalikan perilaku penderita[2].
 Gejala penyakit ini mucul pada setiap usia, namun rata-rata pada usia 35-44[1]. Pada stadium awal penderita akan mengalami memori miskin, melakukan gerkan abnormal yang secara bertahap akan semakin jelas sehingga memengaruhi kegiatan normal seperti makan, berpakaian dan dudukterdiam[2]. Berikut ini ringkasan gejalanya:

Gejala fisik

  • Gerakan tak sadar jari-jari, kaki, dan wajah.
  • Kecanggungan
  • Kehilangan keseimbangan atau koordinasi.
  • Cadel pidato
  • Mengepalkan rahang atau gigi pengiling.
  • Kesulitan makan.
  • Stumbling atau jatuh.

Gejala mental

  • Kelupaan
  • Hilang konsentrasi
  • Penilaian buruk
  • Kesulitan dalam mengambil keputusan
  • Kesulitan mengemudi

Gejala Emosional

  • Permusuhan
  • Kekurangan energy
  • Minat dalam hidup
  • Depresi
Pada perkembangan lebih lanjut penyakit ini dapat menimbulkan halusinasi, tanpa alasan agresi, dan paranoia.

Apa hubungannya penyakit ini dengan Drama Korea Fated To Love You?
hehehehe.
Jadi begini, ceritanya nih (sinopsis/spoiler):

Ada Presiden Perusahaan yang kaya raya, namanya Lee Gun. Dia ini keturunan ke 22 dari generasi keluarga bangsawan pemilik perusahaan yang memproduksi alat-alat rumah tangga dan produk kecantikan/perawatan.
Lee Gun harus nikah di usia 30 tahun, karena yang udah-udah keturunan keluarga ini pada pendek-pendek usianya. Karena keluarga ini memang punya penyakit keturunan yang genetik, yaitu penyakit Huntington. Gejalanya: mereka akan amnesia dulu sebelum meninggal dunia.

Jadi, sebelum meninggal kalau bisa dah punya anak deh, biar ada yang bisa meneruskan nama keluarga mereka.
Lee Gun punya pacar, namanya Se Ra. Tapi, Se Ra ini punya ibu yang ambisius. Ibunya Se Ra pingin Se Ra jadi primadona di seni pertunjukan balet internasional. Kalau belum jadi primadona, Se Ra gak boleh nikah.

Nah loh. Jadi gimana dong?
Karena sebuah kecelakaan akibat mabuk berat dan terminum obat perangsang seksual, Lee Gun malah melakukan hubungan suami istri sama perempuan yang tidak dia kenal, Mi Young.

Mi Young hamil akibat kecelakaan tiga belas di atas.
Kabar hamilnya MI YOung ini berkah banget buat keluarga besar Lee GUn.  Jadi, meski Lee GUn gak cinta dengan MI Young dia nikah. Tapi, diam-diam melakukan perjanjian kontrak dengan Mi Young; yaitu kalau anaknya dah lahir mereka akan bercerai.

Masalahnya, Mi Young malah jatuh cinta sama Lee Gun.
Duh. Ribet ya.
Apalagi ternyata gejala penyakit huntington mulai muncul pada Lee Gun, yaitu dia mengalami amnesia.

Nah... disinilah serunya drama korea ini.
Dan di akhir-akhirnya itu asli sukses bikin aku mewek... huhuhuhuhu.

Lihat sendiri aja deh. Seru kok.





6 komentar:

  1. Aku udah nonton dramanya. Drama ini adalah remake dari drama Taiwan dengan judul yang sama. Aku udah nonton duluan Fated to Love You versi Taiwan. Secara keseluruhan, aku lebih suka versi Taiwan. Versi Korea tetap suka juga sih, heheh

    BalasHapus
  2. Ya ampun, seram juga ya penyakit ini. Baru tahu saya. Tapi tidak ada keterangan kalau di Asia berapa perbandingan orang yang kena penyakit ini ya Mbak. Mudah2an lebih sedikit daripada di Eropa dan AS. Nonton ini jadi ada pengetahuan baru ya Mbak Ade, dan Mbak Ade menuliskannya ke sini jadi yang baca ikutan ngerti penyakit ini .. TFS :)

    BalasHapus
  3. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
  4. Baru tau ada penyakit Huntington :D

    BalasHapus
  5. Aku udah nonton film ini juga. Seruu, mba Ade. ♥

    BalasHapus
  6. aku udah gak pernah nonton K-drama :D

    BalasHapus

jadi, apa pendapatmu teman?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...