Kamis, 27 Februari 2014

review Film: Now You See Me

Aku dan suamiku tuh sama-sama penggemar acara yang khusus membuka trik-trik yang dilakukan oleh para tukang sulap yang ditayangkan di televisi beberapa waktu yang lalu (sekarang gak tau udah pindah kemana atau dah dihentikan). Judulnya: Final Reveal Secret Magician. Ada yang pernah nonton?



Ini nih contoh video dari acara Mask Magician Final Reveal Secret Magician yang aku maksud.




Nah.... itu sebabnya ketika suatu hari dahulu ada saudara dan teman-temanku yang mengatakan bahwa mereka percaya bahwa David Copperfield, David Blane, Chriss Angel dan beberapa pesulap lain menggunakan bantuan Jin untuk pertunjukan mereka, aku dan suamiku kompak membantah anggapan itu. Entahlah. Kami adalah pasangan yang percaya bahwa Sains dan Ilmu Pengetahuan banyak berperan untuk melakukuan sesuatu yang "di luar kebiasaan" seseorang. Dan SULAP dalam hal ini adalah wilayah dimana pemanfaatan ilmu pengetahuan digunakan secara maksimal untuk mengalihkan perhatian penonton bahwa mereka sedang ditipu.

Yup. Ini juga yang ditekankan dalam film Now You See Me dimana diceritakan bahwa empat pesulap luar biasa berbakat, yaitu: J.Daniel Atlas (diperankan oleh Jesse Eisenberg; dulu dia ini yang memerankan tokoh Mark di film tentang Facebook, Social Network), Henley Reeves (diperankan oleh Isla Fisher, dulu dia ini yang memerankan tokoh Sophie di film Sophaholic), Jack Wilder (Dave Franco), dan Meritt Mckinney (Woody Harrelson) bergabung menjadi pesulap papan atas di Amerika dengan nama Four Horseman (empat penunggang kuda).

Sebelum bergabung menjadi Four Horseman, ke empatnya sudah menjadi pesulap yang handal dan berbakat. Seperti J. Daniel Atlas, adalah pesulap yang pandai mengontrol atau mengendalikan perhatian penonton selama dia melakukan street magician. Penggemarnya banyak apalagi dia selalu merekam semua kegiatan street magician di video lalu mengunggahnya ke You Tube dan Blog yang dia kelola. Sedangkan Henley Reeves, adalah pesulap yang sanggup melakukan gerakan yang amat cepat dan akurat, serta bermain di trik sulap yang nyerempet-nyerempet bahaya seperti diikat dalam aquarium yang besar dengan tangan dan kaki terantai dan digembok dan harus membebaskan diri dari aquarium itu dalam kurun waktu 30 detik sebelum ikan-ikan piranha yang kelaparan dilepaskan. Aku sedikit terbawa ketegangan menonton adegan ini.

Dulu, aku waktu liburan ke Kuala Lumpur dan datang ke Aquaria disana, aku melihat acara pemberian makan ikan-ikan PIRANHA. Masya Allah, itu yang namanya ayam utuh dalam hitungan detik sudah langsung habis tak tersisa dikeroyok oleh ikan-ikan tersebut. Dramatik sekali. Jadi, jika manusia yang ada disana dan si manusianya hidup dan ikan-ikan piranhanya kelaparan.. .aduh..duh..duh.

Oh ya... untuk informasi, di film ini ada adegan yang mengandung Seks-nya (masih aman ditonton sama anak-anak tapi harus didampingi oleh orang tua yang harus siap untuk menutup mata si anak ketika adegan itu terjadi; adegannya kilat banget kok. Makanya aku bilang masih bisa ditonton asal didampingi. Lebih tepatnya HARUS DIDAMPINGI).

Oke. Lalu ada juga pesulap Meritt McKinney. Dia ini pesulap mentalis. Jadi, dia bisa dengan tepat mengira-ngira apa yang ada di dalam hati kita hanya dengan mengarahkan kita untuk berpikir ke arah pembicaraan yang dia inginkan. Dan terakhir adalah Jack Wilder, pesulap yang bisa melakukan gerakan tangan cepat dan terarah. Dia bisa membuat kartu yang terbuat dari kertas menjadi sebuah pisau terbang yang tajam.  Dia juga bisa dengan cepat mencuri atau memindahkan barang-barang orang lain ke dalam kantongnya. Jadi, bisa dikatakan dia nih pesulap tangan kosong karena di tangannya, segala sesuatunya bisa menjadi apa saja. Dia tidak pernah memerlukan kunci untuk masuk ke mana saja karena dia bisa membuka semua lubang kunci yang terkunci dan bisa menjadikan apa saja menjadi senjata.

Nah. Cerita film ini bermula ketika Four Horseman melakukan trik sulap yang amat luar biasa: yaitu merampok sebuah Bank di Perancis ketika mereka sendiri ada di New York.
Hmm.. Gimana caranya? Nah... ini yang menarik. Kalau dipikir pakai logika orang awam, pasti ini sesuatu yang tidak masuk akal dan tidak mungkin kan. Tapi inilah pertunjukan spektakuler mereka. Dan hebatnya, keesokan harinya ternyata benar, Bank di Perancis benar-benar kecurian uang dalam jumlah yang amat besar. Itu sebabnya kepolisian Perancis dan Amerika bersatu untuk mengungkap kejahatan yang paling tidak masuk akal di abad ini. Disinilah hadir tokoh Dylan Rhodes (diperankan oleh Mark Ruffalo, dulu pernah memerankan karakter HULK di film The Avengers), polisi yang ditugaskan untuk mengungkap kejahatan perampokan bank oleh para pesulap Four Horseman tersebut. Dalam hal ini Rhodes dibantu oleh seorang polisi  wanita dari Perancis bernama Alma Dray (diperankan oleh Melanie Laurent).

Oh ya, Film Now You See Me ini memang merupakan film yang diproduksi bersama antara negara Amerika dan negara Perancis di tahun 2013. Itu sebabnya lokasi dilakukan di dua tempat dan pemerannya pun diperankan oleh aktor Amerika dan aktor Perancis.

Nah, dalam mengungkap kejahatan yang membingungkan  tersebutlah muncul tokoh Thadeus Bradley (diperankan oleh Morgan Freeman). Dia ini ceritanya terkenal sebagai seorang pesulap gaek yang memproduksi acara Reveal Magic Secret, sebuah acara yang membuka rahasia-rahasia dari trik para tukang sulap. Pemikirannya Bradley sederhana saja; yaitu bahwa jika ada banyak orang yang menyukai suguhan sulap, maka akan ada lebih banyak lagi orang yang memiliki rasa ingin tahu bagaimana sulap itu bisa dilakukan. Karena pemikiran inilah maka acara yang dikelola oleh Bradley memperoleh rating cukup tinggi di televisi. Tapi.. akibatnya dia memang jadi dikucilkan oleh para tukang sulap. Ada hal menarik yang dikatakan oleh Bradley ketika polisi Dylan Rhodes mendatanginya: sulap itu didasarkan pada sebuah pondasi "rasa percaya". Jadi, jika ingin mengungkap kejahatan yang dilakukan oleh para pesulap ini maka kamu harus percaya dulu. Tapi, percaya disini tidak boleh meninggalkan logika.

Ugh. Menurutku, film ini keren banget. Menegangkan tapi keren. Jadi gabungan antara mengungkap trik-trik sulap dan suguhan entertain dari pertunjukan sulap itu sendiri yang diramu dengan kisah ditektif yang menegangkan. Ada beberapa hal yang ketika aku menontonnya, karena aku adalah penggemar acara Secret Reveal Magician, maka aku ikut-ikutan memprediksinya. hahaha... benar-benar hiburan yang memikat.



5 komentar:

  1. suka sama film ini...secara anak2ku penggemar sulap..jadi deh emaknya mendampingi berulang2...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, seru ya. Aku sampe pause beberapa adegan gara2 mau tahu triknya. hahahaha.

      Hapus
    2. Sama! Tak ulang-ulang sampe mudeng hihihi

      Hapus
  2. pernah lihat juga mak...tapi masih saja heran untuk peetunjukan yang live

    BalasHapus
  3. Menarik Mak... Jadi penasaran pengen nonton filmnya...

    BalasHapus

jadi, apa pendapatmu teman?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...