Rabu, 12 Maret 2014

Contoh Film Dengan Alur Maju Mundur

Beberapa hari yang lalu, seorang teman bertanya padaku sehubungan dengan keinginan dia untuk mulai menulis  semacam novel yang mengangkat kisah dirinya sendiri dan ibunya.

"Mbak, ada gak referensi yang bisa aku lihat untuk contoh alur maju mundur sebuah cerita yang bisa dipelajari dalam hal ini."




Sebenarnya, ada banyak buku yang bisa dilihat dalam hal ini. Tapi, aku sendiri, lebih senang menonton film untuk mencari inspirasi ketimbang membaca buku jadi aku merekomendasikan pada dia untuk menonton film Berbagi Suami" yang disutradarai oleh Nia Dinata di tahun 2006, dengan pemain Jajang C. Noer, Shanty, Rike Diah Pitaloka, Ria Irawan.


Film ini keren sekali menurutku. Alurnya menarik dan itu memaku kita agar mau menyimak alur ceritanya dari awal hingga akhir hingga mengerti keseluruhan isi film tersebut. Film ini berkisah tentang 3 keluarga Poligami dengan berbagai alasan dan "model poligami yang dijalankannya". Ada suami kaya dengan istri mudanya, ada suami biasa-biasa saja dengan istri-istri sahnya, ada juga suami gak jelas dengan istri gak jelasnya juga. hahahhaa.. lengkap. Tonton sendiri filmnya jika kamu belum melihat film ini karena saya tidak akan menceritakan sinopsis untuk review film ini. Nanti buat yang belum nonton tidak seru lagi soalnya.

Yang menarik dari film ini sehingga saya merekomendasikan sebagai tontonan yang bisa dipilih untuk mereka yang ingin membuat sebuah cerita dengan alur maju mundur yang dinamis adalah:
Kepiawaian Nia Dinata untuk meletakkan benang merah pada setiap penggalan cerita sebelum dia berpindah waktu. Menarik sekali. Dan unik. Pantas lah jika dia memenangkan penghargaan Film di FFI.

Nah.. buat yang ingin belajar alur maju mundur dalam bercerita, inilah film rekomendasi saya:


)

4 komentar:

  1. Oh iya, aq juga pernah nonton film itu mbak Ade
    Cuma karena kurang suka temanya, jadi gak gtu fokus

    BalasHapus
  2. iya.. temanya emang kontroversial banget.. tentang poligami

    BalasHapus
  3. aku belom nonton. noted! thanks Mak..

    BalasHapus
  4. aku belum pernah nonton film ini, mba

    BalasHapus

jadi, apa pendapatmu teman?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...