Rabu, 05 Maret 2014

Sahut-Sahutan Galau Dalam Sebuah lagu

Sambil sarapan, aku ikut mendengarkan musik yang diputar oleh suamiku di IPAD-nya, lagu jadul banget, yang dinyanyikan oleh Jim Reeves berjudul He'll have to go
Oke. Telingaku mulai terbiasa mendengarkan lagu-lagu Jim Reeves sejak aku menikah memang. Suamiku memang bukan produk generasi jadul tapi dia besar di tengah kakak-kakaknya yang produk generasi jadul sehingga selera musik suamiku sedikit "oldish". Dan aku, sudah terbiasa mendengarnya sehingga bisa ikut menikmati musik-musik yang diputar olehnya.



Sambil mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan Jim Reeves, aku iseng berkata pada suamiku bahwa aku terkadang masih sering sulit membedakan corak suara JIM REEVES dan ELVIS PRESLEY. Di telingaku, keduanya memiliki persamaan cara menyanyi dan cara mengetuk nada. Ada nada dimana suaranya direndahkan hingga terdengar nyaris serupa. Itu di telingaku. Pendapatku. Pendapatku bisa saja salah, bahkan memang salah.

"Beda banget lagi De. Coba saja dengar baik-baik. Elvis tuh ada ciri khasnya, dan meski banyak penyanyi yang mencoba untuk menirunya tapi kekhasan Elvis sudah melekat dan tidak bisa ditiru."

hehehe... Aku sepertinya memang asbun pagi ini. Jadi, akhirnya aku meneruskan mendengarkan lagu-lagu dari JIM REEVES selanjutnya, hingga aku mendengar lagu yang berjudul 'HE'LL HAVE TO GO.".

(buat yang belum tahu atau nggak tahu atau lupa lagu ini, ini dia liriknya:


Put your sweet lips a little closer to the phoneLet's pretend that we're together all aloneI'll tell the man to turn the juke box way down lowAnd you can tell your friend there with you he'll have to go
Whisper to me tell me do you love me trueOr is he holding you the way I doThough love is blind make up your mind I've got to knowShould I hang up or will you tell him he'll have to go
You can't say the words I want to hearWhile you're with another manDo you want me answer yes or noDarling I will understand
Put your sweet lips a little closer to the phoneLet's pretend that we're together all aloneI'll tell the man to turn the juke box way down lowAnd you can tell your friend there with you he'll have to go
SongwritersAllison, Audrey / Allison, Joe


Read more: Jim Reeves - He'll Have To Go Lyrics | MetroLyrics






Nah. Setelah mendengarkan lagu di atas, lalu IPAD suamiku langsung memutar lagu dari SKEETER DAVIS yang berjudul HE'LL HAVE TO STAY.

Joe Allison - Audrey Allison - Charles Grean)
I am glad you've finally called me on the phoneI've been waiting here tonight but not aloneYou broke the date that we had made just yesterdayNow there's someone else who's here, he'll have to stay.
I have found another love I know is trueAnd he holds me much more tenderly than youLoving you's not worth the price I have to paySomeone else is in your place, he'll have to stay.
Once I loved you with all my heartBut now I must say noYou broke my heart too many timesSo now you'll have to go.
I can hear the jukebox playing soft and lowAnd you're out again with someone else, I knowMy love was blind, i'm not your kind that's all I'll saySo you can hang up, I'm in his arms, he'll have to stay...

"Eh.. mas... ini perasaan aku aja, atau emang nada lagunya mirip sama lagu tadi ya?"
"Emang sama."
"Loh? Kok bisa gitu?"
"Karena ini jawaban dari lagu sebelumnya."

(diam sejenak, berpikir)

"Ngomong-ngomong, lagu jaman dulu sering ya nulis lagu, terus gak lama ada jawaban lagunya. Ini, bukan berarti penjiplakan kan ya? Karena nyata-nyata ini memang sebuah jawaban." (suamiku hanya mengangguk)
"Di Indonesia juga kalau aku inget-inget dulu pas jamannya TITIK SANDORA DAN MUHSIN ALATAS juga dulu ada tuh perasaan lagu yang sahut-sahutan. Jadi ada lagu, terus gak lama kemudian ada jawabannya. Seru sih, meski sebenarnya beda tipis antara kreatif dan mau cepet dan cari gampangnya aja. Eh.... Sampai era OBIE MESAKH deh kalau gak salah model lagu sahut-sahutan gitu."
"Hmm...banyak kok De lagu yang sahut-sahutan gitu jaman dulu."

Gara-gara obrolan pagi ini, aku jadi kembali membuka notebookku dan mulai mencari tahu  apa saja yang saling SAHUT-SAHUTAN GALAU DALAM SEBUAH LAGU.
Dan... TARAAAAAA...
Aku menemukan album dari SKEETER DAVIS yang dirilis tahun 1961 dengan judul HERE'S THE ANSWER. Isinya, koleksi deretan lagu yang saling sahut-sahutan antara lagu pertama lalu ada lagu jawabannya. Lagu-lagu itu adalah:

- HE'LL HAVE TO GO.... (JIM REEVES, penulis lagu: Joe Allison, Audrey Allison)
- HE'LL HAVE TO STAY.... (SKEETER DAVIS, penulis lagu: Allison-Allison, Charles Green)

- LAST DATE... (FLOYD CRAMER, penulis lagu: Floyd Cramer)
- MY LAST DATE (WITH YOU).... (SKEETER DAVIS, penulis lagu: Boudleaux Bryant, Cramer, Skeeter Davis)

- TELL LAURA I LOVE HER... (RAY PETERSON, penulis lagu: Jeff Barry, Ben Raleigh)
- TELL TOMMY I LOVE HIM... (SKEETER DAVIS, penulis lagu: Barry, Raleigh)

- PLEASE HELP ME, I'M FALLING.... (HANK LOCKLIN, penulis lagu: Hall Blair, Don Robertson)
- (I CAN'T HELP YOU) I'M FALLING TOO.... (SKEETER DAVIS, penulis lagu Blair, Robertson, Davis)

- I REALLY DON'T WANT TO KNOW... (EDDY ARNOLD, penulis lagu: Howard Barnes, Robertson)
- I REALLY WANT YOU TO KNOW.... (SKEETER DAVIS, penulis lagu: Barnes, Robertson, Davis)

- JUST ONE TIME ... (DON GIBSON, penulis lagu: Don Gibson)
- I WANT TO SEE YOU TOO (JUST ONE TIME) .... (SKEETER DAVIS, penulis lagu: Gibson, Davis).


Sebenarnya, menurutku ini cara yang mudah dalam menciptakan sebuah lagu. Yaitu, tanpa harus susah payah mencari nada yang pas, kita tinggal memberi jawaban-jawaban saja  terhadap lagu-lagu tersebut. Sasarannya, tentu saja lagu yang punya makna kegalauan di dalamnya. Galau itu kan selalu membutuhkan jawaban agar bisa mendapatkan ketenangan. Cukup kreatif ya. Dan kalau diperhatikan, SKEETER DAVIS termasuk yang rajin melakukan hal ini.



Bagaimana dengan lagu-lagu di Indonesia? Mungkin aku akan menulisnya lain kali, kira-kira lagu apa saja yang saling sahut sahutan.

9 komentar:

  1. Lagu eike semuaaaa...
    #manusiajadul.... thx Ade...
    Suka bgt ama posting ini ♥♥

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixxii.. si Ifa... jadi inget novelmu yang banyak nyantumin lagu2 jadul...

      Hapus
  2. Ada mba yg lagu indonesia. Itu lho, lagunya dinda dimana yg katon bagaskara. Trus dibalas dengan lagu kanda... (lupa kelanjutannya) dinyanyiin nia zulkarnaen. nada lagunya sama mba.. Lirik aja beda. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... nanti insya Allah aku suatu hari mau nulis ulasan lagu2 Indonesia deh

      Hapus
  3. duuuuuuuuuuuhhh,,,,, serasa hidup di era 60-an 70-an,,,hehehe saya juga termasuk manusia jadul, tapi nggak gaul sama dunia musiknya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah suamiku suka musik soalnya.

      Hapus
  4. 1.Dinda.... di manakah kau berada
    rindu aku ingin jumpa

    balasannya
    Kanda di sini aku berada
    aku pun ingin berjumpa

    2. Aduh buyung kenapa lupa padaku
    selama engkau di rantau kutunggu-tunggu dirimu

    -aduh upik bukannya kuingkar janji
    selama aku di rantau akupun rindu padamu

    3.Engaku kirimkan surat undangan
    kau tulis nama palsu belaka

    -aku kirimkan surat undangan
    sengaja nama, aku palsukan

    hihihihi

    @Brin

    BalasHapus
    Balasan
    1. brilian sabrina.... nanti aku copas ah buat sahut-sahutan lagu2 versi lagi indonesia

      Hapus
  5. Wakakkakakaka midley banget nihhh :D

    BalasHapus

jadi, apa pendapatmu teman?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...