Rabu, 04 Maret 2015

Big Eyes: Mengungkap Kebohongan Besar

Ada pepatah yang mengatakan bahwa sepandai-pandainya Tupai Melompat, Suatu Saat Dia akan Jatuh Juga.
Tampaknya, pepatah ini cocok jika diberikan pada Walter Keane yang dalam film BIG EYES ini diperankan oleh Christop Waltz.

Jadi, ceritanya gini (sinopsis).
Tahu sendiri kan, kalau orang bule itu (eh di kita juga gini sih kadang-kadang aku lihat), nama istri tuh sering berubah seiring dengan nama suaminya. Jadi, misalnya nih Si Gundul nikah sama Pacul, maka namanya jadi Gundul Pacul. Tapi, untuk pemanggilan dalam masyarakat, dia lebih sering dipanggil dengan nama Nyonya Pacul. Nah, begitu juga dengan Margareth Ulrich. Setelah menikah dengan Walter Keane namanya berubah jadi Margareth Keane.



Aslinya, sebenarnya nama Margareth Ulrich pun, Ulrich ini adalah nama suami pertama Margareth. Nama asli sejak lahir Margareth Ulrich adalah Doris Hawkins. Kenapa Doris Hawkins mengubah namanya jadi Margareth Ulrich? Ini yang jadi bagian awal pembukaan film.

Jadi (nulis kata 'jadi" mulu ya aku? xixi), tahun 1950an awal, Doris Hawkins karena sebuah sebab yang entah apa (tidak pernah diceritakan pada publik) melarikan diri dari suaminya Ulrich itu. Doris cuma bawa dua benda: mobil dan baju yang dia pakai. Doris kabur bersama anaknya yang masih kecil, seorang gadis kecil bernama Jane Ulbrich.

Setelah berkendaraan jauh sekali (pindah negara bagian di amerika), Doris menemui sahabat perempuannya. Dia lalu sementara menunpang di tempat sahabatnya itu. Lalu, mulai deh mencari pekerjaan. Keahlian yang dia miliki apa ketika mencari pekerjaan tersebut? Keahlian yang dia miliki adalah dia bisa melukis. Beberapa portofolio hasil lukisan yang dia buat dengan menggunakan Charcoal hitam putih dibawa serta ketika melamar pekerjaan tersebut. Akhirnya, Doris diterima bekerja sebagai seorang pegawai yang melukis bagian kepala tempat tidur kayu sebuah pabrik furniture. Di waktu week end, Doris Ulbrich menjual hasil keterampilannya melukis ini di pasar seni rupa. Dia menawarkan jasa melukis wajah pada para pengunjung. Berhubung dia ingin mengubah nasibnya dan dalam rangka memulai hidup baru maka Doris Ulbrich mengubah namanya menjadi Margareth Ulbrich. Pada setiap hasil lukisannya dia cuma menaruh nama belakang keluarga saja, yaitu ditulis Ulbrich.

Suatu hari, Margareth berkenalan dengan sesama seniman jalanan bernama Walter Keane. Walter Keane ini mengaku pernah tinggal di Paris makanya dia menjual lukisan yang bernuansa jalan-jalan di kota Paris. Walter ini orangnya supel banget. Pintar bermanis mulut dan pandai berbasa basi. Pendek kata, akhirnya Margareth jatuh cinta pada Walter dan mereka menikah deh.

Setelah menikah, mulai deh, sebagaimana lazimnya keluarga baru, mereka mengalami kesulitan keuangan. Akhirnya, Walter Keane menawarkan pada Margareth bantuan untuk menjual lukisannya guna mencari uang.

Gak disangka, ternyata lukisan Margareth yang memiliki ciri seorang anak perempuan dengan bola mata yang besar sekali, banyak yang suka. Dan, karena di sudut lukisan nama yang tertulis adalah KEANE, Walter Keane tanpa sadar mulai mengakui bahwa itu lukisan yang dia buat dan mulai menikmati ketertenarannya.

Margareth Keane tentu saja tidak nyaman dengan apa yang dilakukan oleh suaminya. Tapi, dia terlalu takut untuk membantah suaminya. Margareth ini tipe istri yang nurut dan takut dan patuh banget sama suaminya. Apalagi, suaminya bilang, mereka kan sudah mendapatkan kepopuleran dari hasil lukisan BIG EYES yang terkenal itu, terus nanti kalau tiba-tiba publik tahu bahwa yang melukis orang lain, wahh.. bisa-bisa gak ada yang mau beli lagi lukisan itu. Akhirnya, mulai deh tanpa terasa Margareth mulai dipekerjakan oleh suaminya sendiri.

Sampai akhirnya, Margareth gak tahan dan dia pun meminta cerai. Tapi, buat cerai pun gak mudah. Karena Walter tidak mau melepas Margareth yang sudah memberinnya uang dan popularitas. Bisa-bisa melayang semua kedua hal ini jika dia menceraikan istrinya.

Satu-satunya jalan, Margareth dan putrinya ini kabur dari suaminya.
Dia kabur ke Hawai dan memulai hidup baru di sana. Cuma... berhubung Margareth terlanjur terampil melukis wajah dengan karakter yang khas banget, keberadaan Margareth segera diketahui oleh Walter.

Gimana caranya agar bisa lepas dari Walter? Itu dia bagian yang serunya. Nonton aja ya.



2 komentar:

jadi, apa pendapatmu teman?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...